Cerita jelangkung

Thursday, March 31, 2011

Sebelum masuk ke topik mengenai jelangkung.Saya akan sedikit menjelaskan kenapa saya memasukan artikel cerita jelangkung ke dalam label benda mistik.Ini saya lakukan setelah saya pertimbangkan bahwa sebenarnya jelangkung tidak termasuk ke dalam mahluk ghaib atau pun mahluk halus sebangsa hantu,setan atau yang lainnya.Karena jelangkung hanyalah sebuah benda biasa yang menjadi penghubung untuk melakukan kontak antara manusia dengan mahluk halus.Jelangkung sama saja seperti batu akik,keris dan jimat,tidak akan berarti jika tidak di isi oleh roh atau mahluk halus.

Jika anda memiliki minat dan keberanian yang cukup anda bisa maen jelangkung.Mitos mengenai cara melakukan permainan ini katanya cukup dengan menggunakan mantra di bawah ini.

Jailangkung jailangse
Disini ada pesta kecil-kecilan
Datang tak di jemput
Pulang tak di antar
Anda cukup terus melafalkan mantra tersebut sambil memegangi boneka jelangkung hingga ada mahluk halus yang masuk ke boneka jelangkung tersebut.



Secara pribadi saya percaya bahwa untuk maen jelangkung tidak semudah itu namun kepercayaan akan hal tersebut sudah cukup kuat tertanam di benak masyarakat.Saya tidak percaya karena dulu pernah mencoba permainan ini dengan teman-teman saya pada tengah malam dan hasilnya nihil alias tidak berhasil jadi untuk maen jelangkung dibutuhkan kemampuan khusus atau mantra khusus tapi jika anda ingin mencobanya,silahkan saja.

Beberapa tahun kebelakang ada sebuah film jelangkung yang kemudian diikuti juga dengan sekuelnya,tusuk jelangkung.Meski sebenarnya alur ceritanya tidak terlalu menarik dan terkesan asal-asalan film tusuk jelangkung rupanya masih mendapat tempat di hati masyarakat.

Konon pula jika anda mempunyai saudara atau teman yang meninggal karena bunuh diri atau meninggalnya secara tidak wajar.Anda bisa memanggil arwah orang tersebut dan menanyakan alasan kenapa dia bunuh diri atau kenapa dia terbunuh.Tapi jika anda tidak memiliki kemampuan khusus sebaiknya tidak melakukan permainan ini karena proses pengembalian roh nya lebih sulit dibandingkan dengan proses pemanggilannya.